Translate

Rabu, 29 Januari 2014

Sejarah Liga Sepakbola Prancis Ligue 1

Liga Prancis (France Ligue 1) mempertontokan laga dari 20 tim. 

Liga sepakbola Prancis atau yang sering dikenal dengan sebutan "France Ligue 1" merupakan liga sepakbola paling terkenal dan paling bergengsi di negara Prancis. Bahkan termasuk urutan keenam liga paling terkenal di benua Eropa. Mirip dengan england premier league (EPL) yang ada di negeri Inggris di mana juga dianut sistem degradasi dan promosi.

Tidak ada informasi yang begitu penting dengan liga sepakbola Prancis ini. Liga sepakbola profesional di Prancis sudah dimulai sejak tahun 1932-1933. Namun di masa perang dunia kedua, pertandingan sepakbola secara nasional sempat dilarang oleh pemerintah Prancis bersama asosiasi sepakbola Prancis. Meski demikian, klub-klub sepakbola yang sudah ada tetap melakukan pertandingan secara mandiri dalam lingkup regional.

Tahun 2002 liga ini dikenal dengan nama ligue 1 dan diikuti oleh 20 tim yang ikut berlaga. Sebelumnya hanya ada 18 tim. Tiga tim yang paling bawah akan didegradasi ke divisi 2 (ligue 2), sementara 3 klub teratas di ligue 2 akan dinaikkan ikut berlaga di ligue 1 di musim depan. Pokoknya mirip dengan liga primer Inggris. 

Musim liga Prancis Ligue 1 rata-rata dimulai di bulan Agustus hingga Mei. Dua minggu menjelang natal biasanya akan ada masa libur dan dilanjutkan di minggu kedua bulan Januari. Total laga yang dipertandingkan adalah 380 laga di  mana masing-masing tim akan bermain kurang lebih 38 laga baik sebagai kandang atau tandang. Biasanya laga pertandingan dilakukan di akhir pekan yakni Sabtu atau Minggu.

Pasaran taruhan liga ligue 1 ini juga marak dibuka di mana-mana. Ada beberapa odds yang berlaku entah itu Asia atau Eropa.  Meski tidak setenar liga Inggris atau liga Spanyol, namun jika kita pintar memprediksi, kita juga bisa memanen banyak uang dari sportbook france ligue 1 ini. Khusus musim kemarin 2012-2013 kita bisa menyaksikan beberapa laga siaran langsung melalui saluran televisi. Dan semoga di musim-musim depan juga selalu ada stasiun TV yang menayangkan siaran langsungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar